sukses berbisnis

Tips sukses berbisnis dari Kolonel Sanders, founder KFC

Setiap orang pasti ingin sukses berbisnis, apapun itu jenis bisnisnya. Siapapun orangnya, baik tua maupun muda, mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa sukses berbisnis. Hal ini juga berlaku bagi seorang pria asal Amerika Serikat, Harland David Sanders yang menjadi pencetus gerai fast food terbesar di dunia, KFC.

Awal Kehidupan

Harland Sanders, atau yang sering dipanggil sebagai Kolonel Sanders lahir pada tanggal 9 September 1980 di Henryville, Amerika Serikat dari pasangan Wilbur David dan Margaret Ann Sanders.

Kehidupan ekonomi Sanders saat kecil cukup sederhana. Ayahnya bekerja di perkebunan dan sesekali mencari pekerjaan tambahan sebagai juru jagal.

Pada usia yang ke-13, Sanders memutuskan meninggalkan rumah untuk bekerja secara serabutan. Diluar, Ia menjalani segala macam pekerjaan seperti buruh stasiun sampai agen asuransi. Ia juga pernah bergabung sebagai tentara Amerika Serikat.

Lalu di tahun 1920, Sanders mendirikan perusahaan kapal feri. Bisnis Sanders terbilang cukup sukses, karena dalam jangka waktu 2 tahun perusahaan kapal feri milik Sanders berhasil menghasilkan keuntungan ribuan dollar.

Di tahun 1923, Ia memutuskan menjual perusahaan kapal feri-nya kepada investor lain, dengan tujuan mendirikan perusahaan lampu pada tahun 1924.

Namun, perusahaan lampu besutan Sanders tidak semulus perusahaan sebelumnya. Ia terpaksa gulung tikar seusai kalah bersaing ditengah kemunculan perusahaan listrik yang sedang dominan saat itu.

Kemunculan KFC

Pada usia yang ke-49, tepatnya di tahun 1929, Sanders menemukan resep ayam goreng yang lezat menggunakan “11 bumbu rahasia” dengan menggorengnya di panci presto. Lalu di tahun 1953, di usia yang genap 63 tahun, Ia mendirikan restoran dengan bumbu temuannya.

Restoran tersebut diberi nama “Kentucky Fried Chicken” atau lebih dikenal sebagai KFC. Di tahun 1966, KFC mendaftarkan merknya di Bursa Saham New York, menandakan kesuksesan gerai KFC di mata dunia.

Baca juga:

Reed Hastings, Founder Netflix yang berhasil mengembangkan strategi pemasaran modern berbasis sosial media

Tips Sukses Mengembangkan Usaha Kuliner ala Haji Bustamam, Pendiri Restoran Sederhana

Rahasia Sukses Berbisnis Ala Kolonel Sanders

Melihat perjuangan Kolonel Sanders yang sukses berbisnis di usia tua, Anda pun sebagai pemilik bisnis juga bisa mewujudkannya, tanpa harus menunggu hari tua!

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, untuk bisa sukses berbisnis seperti Kolonel Sanders, maka Anda bisa menggunakan practical success formula seperti ilustrasi di bawah ini;

[Belief *Action*Response]GOD = Success

Start With the Right BELIEF

Pemilik bisnis harus mempunyai keyakinan (belief) bahwa bisnisnya akan menghasilkan dan profitable. Nantinya, pemilik bisnis hanya perlu membuktikan Belief tersebut dalam usahanya, dam bisa sukses berbisnis seperti Kolonel Sanders.

Ia memiliki belief bahwa resep ayam gorengnya sangat enak, dan yakin bisa membawanya menuju kesuksesan. Dan benar saja, Sanders sukses membangun brand KFC ke level internasional.

Move With the Great ACTION

Apapun mimpi yang manusia punya, semua akan sia-sia saja jika tidak dilaksanakan. Jadi, belief saja tidak cukup untuk mewujudkan mimpi Anda supaya sukses berbisnis.

Disini, Anda perlu bergerak dan membuat “action” yang berdampak bagi bisnis Anda, seperti halnya Kolonel Sanders. Ia mengambil action dengan bereksperimen berulang kali, supaya resep ayam gorengnya bisa terasa enak dan diterima masyarakat.

Learn With The Wise RESPONSE

Anda sudah memiliki belief, lalu juga sudah melakukan action, selanjutnya apa? Yang perlu Anda lakukan adalah merespon hal-hal tersebut secara bijaksana. Dalam bisnis, akan banyak hal-hal yang terjadi di luar kontrol Anda.

Sisanya, Anda bisa menanggapi hal tersebut dengan bijaksana, supaya Anda tetap termotivasi dalam melangkah kedepannya.

Kolonel Sanders mengalami kegagalan bertubi-tubi dan harus menunggu puluhan tahun untuk bisa sukses berbisnis. Akan tetapi, Ia merespon hal tersebut dengan bijaksana.

Dan oleh karena itu, Ia memperoleh ganjaran yang setimpal atau respon positif yang Ia berikan di hidupnya, yaitu sukses berbisnis di usia tua.

Lean To The Mighty GOD

Perlu dicatat, belief, action dan response adalah hal yang 100% dilakukan oleh manusia. Andapun pasti tau, bahwa sebaik-baiknya rencana manusia, pasti ada kekuranganya juga. Untuk itu, Anda bisa memperkuatnya dengan mengandalkan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Similar Posts

Leave a Reply