Tips bisnis

Tips Bisnis Brand Eskrim Internasional Mixue oleh Zhang Hongchao!

Bisnis Food & Beverages (F&B) adalah jenis bisnis yang selalu memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Disamping jumlah peminat dan permintaan yang cukup tinggi, ada banyak jenis makanan yang bisa dijual di bisnis F&B, seperti es krim.

Yuk simak tips bisnis Zhang Hongchao yang membesarkan kedai es krim Mixue hingga bisa tersebar di berbagai negara!

Berawal Dari Bisnis Milk Tea

Zhang Hongchao mengawali kedai kecilnya di kota Zhengzhou, lalu pindah ke provinsi Anhui, sebuah wilayah yang penduduknya cukup ramai di China. Bermodalkan uang 4000 yuan atau sekitar 7 jutaan, Zhang menjajakan produk milk tea dan es serut di pinggiran jalan.

Namun, berharap mendapatkan keuntungan, Zhang harus menerima kenyataan bahwa bisnisnya gagal, dan memaksa Ia kembali ke kota Zhengzhou.

Mendirikan Mixue Bingcheng

Setelah kembali ke kota Zhengzhou, Zhang mencoba peruntungannya kembali dengan membuka kedai es krim.

Zhang berusaha membuat produk es krimnya berbeda dengan kompetitor yang lain, dimana harga yang dipatok sangatlah terjangkau, yaitu sekitar 3 yuan ( 6 ribu rupiah).

Mixue terus mempertahankan harga es krimnya yang murah. Dengan mendaftarkan brand Mixue Bingcheng pada tahun 2006, kedai MXBC berhasil meraih pendapatan tahunan sekitar 6,5 miliar yuan atau sekitar 1 juta dollar Amerika.

Baca juga:

Saat ini, Mixue sudah tersebar di lebih dari 10.000 outlet di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tips Bisnis Mixue

Tentu kesuksesan Mixue tak lepas dari peran founder-nya, Zhang Hongchao. Melihat segmen pasar es krim di China yang menyasar kalangan menengah keatas, Zhang justru ingin mencari specific WHO yang berasal dari masyarakat menengah kebawah.

Tips bisnis yang Ia gunakan menyasar kepada mahasiswa, pelajar, dan pekerja yang ingin menghilangkan dahaga serta merasakan kenikmatan es krim dengan harga yang terjangkau.

Untuk itu, Zhang menggunakan pricing strategy guna menyesuaikan dengan segmen pasarnya, yaitu kalangan menengah kebawah.

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, pricing strategy adalah cara pemilik bisnis mengatur harga produk tanpa harus perang harga, sehingga customer semakin banyak membeli produk yang ditawarkan.

Tips bisnis ini dilakukan Zhang dengan mematok harga es krim yang lebih murah daripada kompetitornya, yaitu sekitar Rp6 ribu.

Tips bisnis

Dengan harga tersebut, keberadaan Mixue sebagai kedai es krim sangat cepat diterima masyarakat kota Zhengzhou saat itu.

Tips bisnis lainnya yang Zhang terapkan pada Mixue hingga saat ini, Ia memasok bahan-bahan utamanya sendiri.

Pada tahun 2012, Mixue Bingcheng juga mendirikan pusat produksi dengan seluruh bahan lokal, sehingga tak perlu impor lagi dan harga produksi bisa ditekan menjadi lebih murah.

Yuk terapkan tips bisnis Mixue di bisnis es krim Anda!

Similar Posts

Leave a Reply