strategi branding

Strategi Branding Ini Jadikan Nike Sebagai Merek Sepatu Sport Terbaik di Dunia!

Bisnis Anda masih jarang diketahui oleh orang-orang? Ingin brand Anda lebih dikenal pasar dan bisa mendatangkan calon customer? Simakstrategi branding Nike hingga menjadi merek sepatu sport terbaik di dunia ini!

Hobi Berlari

Phil Knight, calon founder masa depan dari Nike ini memang sudah memiliki hobi berlari sedari kecil. Pria kelahiran 24 Februari 1938 di Amerika Serikat ini sudah sering mengikuti kompetisi lari sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga Ia kuliah di Universitas Oregon.

Setelah lulus kuliah, Ia berpikir untuk berbisnis pada bidang yang masih berhubungan dengan olahraga. Ia pun memilih sepatu olahraga sebagai produk bisnisnya.

Bersama dengan Bill Bowerman, mantan pelatih lari di kampusnya, mereka berdua mendirikan brand sepatu “Blue Ribbon Sport” pada tahun 1964.

Ia juga bekerjasama dengan brand sepatu di Jepang, Onitsuka Tiger untuk memproduksi sepatunya.

Baca juga:

Re-Branding Menjadi Nike

Awalnya, hubungan kerjasama dengan Onitsuka cukup baik. Namun, lama kelamaan, karena perbedaan pendapat dan konflik yang sering terjadi, Phil akhirnya memutuskan kontrak dengan Onitsuka.

Ia pun melakukan re-branding nama brand-nya menjadi Nike, yang diambil dari nama dewi kemenangan Yunani.

Dengan mengadopsi logo ”swoosh” yang sangat familiar hingga saat ini, Phil menggaet atlet olimpiade sebagai strategi branding Nike di pasar sepatu olahraga.

Terbukti, pada tahun 1972, saat debut model Nike pertama di olimpiade, Cortez, penjualan Nike mengalami peningkatan secara drastis.

Keuntungan Nike terus berlanjut sampai tahun 1980-an. Tak hanya itu, Nike juga berhasil mengakuisisi Converse dan Cole Haan.

Di tahun 1990-an, Nike melakukan ekspansi bisnis ke produk olahraga lainnya seperti pakaian hoki, golf, dan sepak bola.

Strategi Branding Nike: Gaet Atlet Kelas Dunia!

Ciri khas dari strategi branding Nike adalah selalu bekerjasama dengan atlet olahraga kelas dunia sebagai brand ambassador. Atlet kelas dunia ini merepresentasikan Nike sebagai brand yang ingin mewujudkan mimpi setiap orang, tidak hanya di bidang olahraga tapi juga di bidang lainnya.

Strategi branding ini sudah dimulai sejak awal pendirian brand Nike, hingga dilanjutkan sampai sekarang.

Beberapa atlet terkenal yang bekerjasama dengan Nike cukup beragam dari berbagai bidang olahraga. Sepakbola contohnya, Nike bekerjasama dengan Cristiano Ronaldo dan Neymar, lalu di NBA dengan Lebron James, dan Tiger Woods di olahraga golf.

Ciptakan Emotional Benefit

Emotional benefit Nike dibangun dari tagline yang dibuat, yaitu “Just do it”. Melalui tagline ini, Nike mengajak konsumennya untuk menghilangkan kata “You can’t” yang seringkali ada dalam pikiran konsumennya dengan “Just do it”.

strategi branding

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly berpendapat bahwa pemilik bisnis harus menciptakan emotional benefit kepada para customer, disamping kegunaan fungsional produk atau jasa yang ditawarkan.

Melalui strategi branding tersebut, Nike berhasil menjadi merek sepatu olahraga terlaris di dunia!

Similar Posts

Leave a Reply