inovasi produk

Rahasia bisnis diantri customer! Belajar inovasi produk dari Ruangguru!

Ingin melakukan inovasi produk di bisnis, tapi tidak tahu bagaimana caranya? Ingin bisnis Anda palign dicari customer dan kuasai pasar? Yuk belajar cara inovasi produk dari founder Ruangguru, Belva Devara!

Berbakat Sejak kecil

Kemampuan akademis Belva sudah mulai terlihat sejak Ia duduk di bangku pendidikan formal. Setelah Ia lulus SMA, Belva terpilih menjadi salah satu dari delapan siswa Indonesia yang menjadi penerima beasiswa pemerintah Singapura untuk kuliah di Nanyang Technological University, Singapura.

Pasca menyelesaikan gelar sarjananya, Ia melanjutkan studinya di Stanford University dengan gelar Master of Business Administration dan juga di Harvard University jurusan Master of Public Administration.

Baca juga:

Bisnis dan Pengabdian Sosial

Pada awalnya, Belva cukup prihatin melihat potret pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu, Ia ingin melakukan transformasi di bidang pendidikan melalui teknologi. Pada tahun 2014, Ruangguru hadir untuk menjawab permasalahan tersebut.

Ruangguru adalah platform edutech yang memfasilitasi guru serta siswa mendapatkan pelajaran berbasisi digital. Hanya dalam kurun waktu setahun, Ruangguru berhasil menjangkau 10 juta siswa dan 150 ribu guru.

Belva Devara terus berfokus mengembangkan bisnis startup-nya. Saat ini, Ruangguru sudah memiliki valuasi pasar yang cukup tinggi. Tak heran, beberapa pemodal berani menyuntikkan investasi ke startup ini seperti Tiger Global Management yang mendanai Ruangguru sebesar Rp800 miliar rupiah.

Inovasi Produk, Kunci Kesuksesan Ruangguru!

Ruangguru berhasil menjadi salah satu startup di Indonesia berkat inovasi produk yang dibuatnya. Inovasi ini terlihat dari bidang edutech yang dipilih Belva sebagai bisnisnya.

Ruangguru melalui produk pendidikannya berinovasi dengan membuat layanan belajar secara digital yang disesuaikan dengan kurikulum di Indonesia, yang pastinya diakses secara online.

Metode belajar secara online adalah hal yang cukup baru di Indonesia saat itu, sehingga menarik banyak minat masyarakat, khususnya pelajar dan guru.

Melihat kesuksesan Belva dalam menciptakan Ruangguru, Anda juga bisa melakukan inovasi produk di bisnis melalui 2 tips berikut ini :

Tips Inovasi Produk: Ciptakan discriminator!

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan discriminator pada produk. Discriminator adalah sebuah pembeda, ciri khas, dan keunikan yang hanya dimiliki oleh bisnis Anda dan tidak dimiliki oleh bisnis lain yang bukan dari segi harga.

inovasi produk

“Kenapa harus punya discriminator? Karena kalau produk atau jasa Anda tidak punya perbedaan unik yang membedakan dengan kompetitor, ujung-ujungnya yang membedakan hanya lah harga saja. Akibatnya Anda terjebak dalam perang harga yang tidak berkehabisan.” ucap Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly.

Ruangguru menciptakan discriminator dari segi layanan yang ditawarkan, yaitu edutech, dimana startup saat itu masih belum melirik sektor ini.

Tips Inovasi Produk: Ciptakan Emotional Benefit!

Tips yang kedua, Anda harus bisa memberikan emotional benefit bagi customer. Dalam bisnis, Anda tidak hanya menawarkan benefit produk dari segi fungsionalnya saja. disamping itu, Anda juga dituntut untuk memberikan benefit dari segi emosional.

Ruangguru memberikan emotional benefit melalui visi dan tujuan Ruangguru, yaitu menciptakan transformasi pendidikan Indonesia supaya lebih baik lagi kedepannya!

Yuk mulai menginovasikan produk di bisnis Anda!

Similar Posts

Leave a Reply