kunci sukses usaha

Miliki Pelanggan Yang Setia, Ini Kunci Sukses Usaha Apple yang Dibangun Steve Jobs!

Capek pelanggan di bisnis hanya “come and go?” Ingin pelanggan selalu kembali membeli di bisnis, tapi tidak tahu bagaimana cara mewujudkannya? Simak kunci sukses usaha Apple yang dibangun Steve Jobs, hingga Ia punya pelanggan yang setia!

Berawal dari Garasi Kecil

Sejak duduk di bangku SMA, Jobs memang sudah memiliki ketertarikan pada dunia IT. Pria kelahiran San Francisco, 24 Februari 1955 ini mendirikan Apple Computer Company bersama Steve Wozniak, yang tidak lain teman SMA Jobs.

Bermodalkan garasi dan penjualan mobil Volkswagen pribadinya, Jobs dan Wozniak berhasil menciptakan produk pertama Apple yaitu Apple 1, sebuah komputer yang masih berupa papan sirkuit.

Melihat produk Apple 1 yang cukup diterima pasar, Jobs kembali merilis Apple 2 pada tahun 1977.

Baca juga:

Sempat Keluar dari Apple

Walau memiliki peran penting dalam mendirikan perusahaan, Jobs ternyata pernah keluar dari Apple karena perbedaan paham.

Hal ini bermula ketika Jobs berinovasi dengan menciptakan personal computer (PC) yang bernama Macintosh. Niat awal ingin bersaing dengan produk kompetitornya IBM, produk Macintosh justru tidak laku dan menumpuk di Gudang.

Karena hal ini, Ia berselisih dengan CEO Apple saat itu, John Sculley. Jobs memutuskan keluar dari Apple dan mendirikan perusahaanya sendiri, Next Computer.

Kembali ke Apple

Pada tahun 1996, Perusahaan Jobs, Next Computer diakuisisi oleh Apple. Ditahun berikutnya, Jobs kembali menjabat sebagai CEO Apple.

Sejak tahun itu, Ia membuat banyak gebrakan dalam hal inovasi produk. Inovasi ini juga menjadi kunci sukses usaha Apple dalam memenangkan persaingan pasar dengan kompetitornya saat itu, Microsoft. Dari inovasi ini, Jobs memperkenalkan iMac pada tahun 1998. Disusul oleh iBook dan digital MP3 ditahun berikutnya.

Jobs baru memperkenalkan iPhone pada tahun 2007. iPhone merupakan sebuah ponsel pintar dengan fitur layar sentuh yang nantinya menjadi produk unggulan dari Apple.

Kunci Sukses Usaha Apple: Memiliki Pelanggan yang Setia!

Salah satu kunci sukses usaha dari Apple adalah pelanggannya yang setia. Apple berhasil menciptakan ekosistem yang menunjang kebutuhan pelanggan dari berbagai macam produk yang ditawarkan, seperti MP3, iBook, iPhone, Macbook, dan lain-lain.

Pelanggan yang sudah terbiasa menggunakan ekosistem IOS, yaitu operating system bawaan dari Apple akan merasa nyaman dengan OS ini. Sehingga, pelanggan tidak akan mudah untuk beralih ke OS lain seperti Android.

Kesetiaan pelanggan terhadap produk Apple juga merupakan hasil dari strategi branding yang dilakukan Apple, yaitu mengedepankan emotional benefit dalam brand loyalty.

kunci sukses usaha

Menurut oleh Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, produk atau jasa di bisnis tidak hanya berfokus pada fungsionalnya saja, melainkan harus ke sisi emosionalnya juga.

Kunci sukses usaha melalui emotional benefit ini dibuktikan dengan persepsi masyarakat bahwa ada kebanggaan tertentu jika seseorang bisa memiliki iPhone keluaran terbaru. Selain itu, iPhone juga menjadi gaya hidup seseorang yang dapat menaikkan gengsi bagi beberapa orang, khususnya kaum Gen-Z.

Similar Posts

Leave a Reply