Membangun bisnis

Kisah Belva Devara yang Sukses Membangun Bisnis Startup Ruangguru!

Setuju ya bahwa membangun bisnis bukanlah sesuatu yang instan daniperlukan kerja keras dan proses agar  bisnis bisa sukses? Yuk belajar rahasia membangun bisnis dari seorang pemuda berprestasi asal Indonesia, Belva Devara yang membangun bisnis startup edutech, Ruangguru.

Profil Awal

Belva Devara adalah pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990yang merupakan anak pertama dari 3 bersaudara.

Sejak kecil, Ia memiliki kelebihan dalam bidang akademis, yang Ia buktikan dari keaktifan Ia mengikuti organisasi serta menjabat sebagai Ketua OSIS di SMA Presiden.

Setelah lulus dari SMA pada tahun 2007, Ia terpilih sebagai salah satu dari 8 siswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Singapura untuk melanjutkan studinya di perguruan tinggi terbaik di Asia, Nanyang Technological University, Singapura.

Setelah berhasil menyelesaikan studinya di Nanyang, Ia memutuskan kembali ke Indonesia dan menolak semua tawaran pekerjaan di Singapura. Di Indonesia, Ia bergabung di perusahaan McKinsey & Company sebagai Consultant.

Setelah 2 tahun bekerja disana, Ia memutuskan keluar untuk melanjutkan studi pascasarjananya di Stanford University, dengan jurusan Master of Business Administration.

Setahun berikutnya, Ia juga diterima di Harvard University dengan jurusan Master of Public Administration.

Baca juga:

Munculnya Ruangguru

Pada tahun 2014, dengan pengalaman yang Ia punya, Belva pulang ke Indonesia untuk membantu transformasi sistem pendidikan melalui Ruangguru.

Tentunya, Belva Devara tidak sendirian saat merintis Ruangguru. Dibantu oleh temannya Iman Usman, Ruangguru berhasil menjangkau lebih dari 10 juta siswa dan 150 ribu guru dalam jangka waktu setahun.

Selain itu, Ruangguru juga berhasil menyabet sejumlah penghargaan bergengsi dunia seperti UNICEF Youth Innovation Forum 2015 untuk kategori Innovation to Watch serta Google Launchpad Accelerator 2016.

Tak berhenti disitu, Belva Devara juga pernah masuk ke jajaran Forbes 30 Under 30 pada tahun 2017 pada bidang Kewirausahaan Teknologi di Asia oleh Forbes Magazine.

Tips Sukses Membangun Bisnis

Melihat kesuksesan Belva Devara yang membangun bisnis startup Ruangguru, Anda pun pasti termotivasi untuk membangun bisnis Anda sendiri.

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ada 3 langkah awal yang wajib dimiliki oleh calon entrepreneur saat akan membangun bisnis:

LANGKAH 1: Dream Big

Semua kesuksesan dimulai dari mimpi yang besar. Bermimpi adalah hal yang paling mudah dilakukan, setiap orang pun pasti bisa melakukanya, dan tentunya gratis.

Anda bisa memulai kesuksesan dalam membangun bisnis dengan bermimpi setinggi mungkin.

Mengambil contoh dari kisah Belva Devara yang sukses membangun bisnis Ruangguru, Ia memiliki mimpi yang besar untuk mengubah pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Dari mimpi tersebut, muncul ide besar yang nantinya membawa Ia menuju kesuksesan.

LANGKAH 2: Start Small

Setelah Anda bermimpi, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana merealisasikan mimpi Anda. Disini, Anda bisa take action dan memulainya dari modal yang kecil (start small).

Mengapa dari modal yang kecil? Karena syarat membangun bisnis bukanlah harus dengan modal yang besar. Modal yang besar tanpa tahu bagaimana strategi membangun bisnis juga akan berakhir sia-sia.

Mengambil contoh dari kisah Belva Devara yang sukses membangun bisnis Ruangguru, Ia juga memulai dari hal kecil, dimana Ia mengajak rekannya Iman Usman untuk bekerjasama dan melihat peluang bisnis di bidang pendidikan.

LANGKAH 3: Move Fast

Setelah Anda bermimpi dan mulai take action dengan modal yang kecil, langkah selanjutnya Anda bisa mengembangkan bisnis Anda supaya bisa lebih besar.

Disini, Anda harus bisa melihat peluang di pasar, supaya tahu kemana arah bisnis dikembangkan.

Mengambil contoh dari kisah Belva Devara yang sukses membangun bisnis Ruangguru, Ia mengajak beberapa investor untuk berinvestasi di Ruangguru, supaya bisnisnya semakin berkembang.

Salah satunya adalah PT Multipolar Tbk yang menginvestasikan modalnya di Ruangguru.

Similar Posts

Leave a Reply