cara rekrut karyawan

Ternyata ini Cara Rekrut Karyawan Gojek, StartupUnicorn Pertama di Indonesia

Bisnis Anda sulit berkembang karena kinerja karyawan yang kurang memuaskan? Ingin rekrut karyawan baru yang bagus, tapi tidak tahu caranya? Yuk simak cara rekrut karyawan ala Nadiem Makarim, founder dari startup transportasi online Indonesia, Gojek!

Background Pendidikan yang Bergengsi

Sebagai Anak dari Nono Anwar, seorang pengacara terkenal lulusan Harvard University, Nadiem dibesarkan dengan pendidikan yang sangat baik. Pria kelahiran 4 Juli 1984 ini mengenyam pendidikan tinggi di International Relations di Brown University Amerika Serikat dan juga lulusan Harvard Business School.

Selepas lulus dari gelar sarjana-nya, Ia bekerja di Mckinsey & Company sebagai konsultan manajemen. Tepat setelah 3 tahun bekerja, Nadiem berhenti untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Harvard University dengan mengambil MBA.

Berbekal pendidikan dan pengalaman, pada tahun 2010 Nadiem fokus untuk meniti perusahaannya sendiri.

Baca juga:

Perusahaan Gojek yang Ia dirikan didasarkan pada pengalaman pribadinya saat menyewa jasa ojek pangkalan ketika masih bekerja secara profesional, dimana Ia ingin membantu para pengendara motor untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Gojek terus berinovasi dari segi pelayanan serta fitur. Pada tahun 2015, Gojek resmi meluncurkan aplikasi berbasis Android dan IOS. Jumlah driver yang sejak awal hanya 20 orang kini bertambah drastis hingga mencapai lebih dari 3 juta mitra.

Tentu, keberhasilan bisnis Gojek tak lepas dari peran sumber daya manusia, yaitu karyawan.

Cara Rekrut Karyawan ala Nadiem Makarim

Menurut Nadiem, untuk memperoleh karyawan yang baik bagi perusahaan, tidak hanya perlu berpengalaman, namun harus memiliki sikap dan perilaku yang baik.

“Banyak orang yang berpengalaman, tapi kepribadian kurang. Namun saya yakin, kalau orang yang punya niat baik, jalannya juga akan baik,’’ ujar dia.

Ia juga menilai kesamaan visi dari calon kandidat sebagai cara rekrut karyawan. Ia menegaskan “Saya liat seberapa haus mereka berkemauan bersama-sama membesarkan perusahaaan ini.”

Melihat dari cara rekrut karyawan yang dilakukan Nadiem, tentu jika memiliki karyawan yang sesuai, maka kinerja di bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan kalau pemilik bisnis ingin punya karyawan yang tepat, maka sistem rekrutnya juga harus benar.

Coach Yohanes G.Pauly menjelaskan cara rekrut karyawan yang tepat di bisnis bisa Anda terapkan melalui sistem GRATYO® Power Recruitment (GPR).

1. PreGPR

Cara rekrut karyawan yang pertama, Anda harus membuat promosi atau iklan dalam format AIDODA.  AIDODA adalah salah satu cara membuat iklan yang efektif dengan mendasarkan dari segi Attention, Interest, Dance with Objection, Desire,  dan Action.

Format AIDODA dapat membuat iklan lebih informatif secara isi konten karena menampilkan kalimat yang mengundang perhatian (attention) serta memuat kelebihan dari bisnis yang meyakinkan calon karyawan untuk melamar..

Melalui Format AIDODA juga, para pembaca akan lebih mudah mengetahui apa saja kualifikasi yang diperlukan, dan mempermudah pelamar untuk tahu bagaimana cara apply-nya.

cara rekrut karyawan

Setelah itu, Anda dapat mengundang calon karyawan Anda kedalam suatu grup interview yang berdurasi 3 jam.

Melalui screening curriculum vitae (CV) secara bersamaan, Anda bisa menghemat waktu dalam proses penyaringan karyawan. Indikator penilaian dalam screening bisa dari IPK dan juga pengalaman.

Jika sudah berhasil meng-screening CV kandidat, Anda bisa mengundang calon karyawan untuk mengikuti tes tertulis. Calon kandidat akan mengerjakan tes ini secara bersama-sama pada satu ruangan.

2. GPR Session

Anda bisa melakukan langkah GPR ketika semua peserta sudah hadir di tempat. GPR terbagi menjadi A/B/C Interview.

Di tahap A/bility, Anda bisa meminta calon karyawan untuk mengisi form yang berisi data calon karyawan serta melakukan attitude dan aptitude test. Hal ini penting untuk mengetahui karakter masing-masing kandidat Anda.

Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan ke tahap B/ehaviour. Pada tahap ini, Anda ataupun Human Capital Team bisa berkenalan lebih dekat dengan calon kandidat dengan bertanya mengenai pencapaian/pengalaman terbaik kandidat.

Terakhir, Anda mengakhiri ke tahap C/haracter. Disini, Anda dituntut untuk semakin mengenal kandidat melalui observasi. Anda bisa membiarkan kandidat untuk menunjukan diri, bukan dipilih. Hal ini berguna untuk melihat keaktifan kandidat.

3. Post GPR

Cara rekrut karyawan yang terakhir, Anda bisa mengajak HRD atau manager        untuk mengobservasi secara spontan mengenai para kandidat yang sudah melewati  GPR session. Nantinya, calon kandidat bisa melakukan 1-on-1 interview dengan manager di divisi yang dilamar.

Seperti truth serum atau bertanya mengenai gaji sebelumnya. Disini, interviewer bisa memastikan apakah calon kandidat jujur/berbohong mengenai gaji di perusahaan sebelumnya, dengan bertanya secara lisan, atau dengan slip gaji, atau juga dengan surat referensi perusahaan sebelumnya.

Bagaimana, sudah tau kan bagaimana cara rekrut karyawan di bisnis? Yuk segera terapkan!

Similar Posts

Leave a Reply